Breaking News

10 Tempat Wisata di Purwakarta 2023, Murah dan Penuh Petualangan

 



Udang Udang - Purwakarta, sebuah destinasi liburan yang terletak di antara Bogor dan Bandung, menawarkan pesona tersendiri dengan dominasi area perbukitan yang memberikan udara sejuk dan bersih. Jika Anda ingin mencari alternatif liburan yang menyegarkan, Purwakarta bisa menjadi pilihan yang menarik. Berikut adalah 10 tempat wisata di Purwakarta yang murah dan menawarkan pengalaman seru.


1. Hidden Valley Hills


Hidden Valley Hills menjadi salah satu destinasi wisata yang tengah hits di Purwakarta. Dengan villa, resor, dan sky pool yang masih dalam tahap pembenahan, tempat ini menarik perhatian pengunjung dengan keindahan alamnya. Pemandangan langsung ke Gunung Lembu, Gunung Cupu, dan Gunung Parang membuat udara di sini sangat sejuk.


Alamat: Desa Cibodas, Kecamatan Sukatani, Purwakarta, Jawa Barat.


2. Bukit Katumbiri


Arti Katumbiri dalam bahasa Sunda adalah pelangi, dan Bukit Katumbiri adalah destinasi wisata yang baru dibuka sekitar awal tahun 2018. Dengan tiket masuk terjangkau sebesar Rp10 ribu, pengunjung dapat menikmati pemandangan perbukitan hijau dan terasiring yang menawan.


Alamat: Bukit Katumbir, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.


3. Urban Farming


Urban Farming Purwakarta menghadirkan suasana khas Eropa dengan rumah berwarna-warni dan tanaman gantung yang mempercantik tempat ini. Dengan tiket masuk seharga Rp15 ribu, pengunjung bisa menikmati kebun bunga yang Instagramable dan berbagai benih tanaman.


Alamat: Benteng, Campaka, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.


4. Cikao Park


Cikao Park menjadi destinasi favorit kaum milenial di Purwakarta dengan berbagai fasilitas seperti waterpark, taman satwa, bird park, mini zoo, area bermain, gazebo, dan taman lampion. Dengan tiket masuk seharga Rp15 ribu di hari biasa dan Rp20 ribu di akhir pekan, tempat ini selalu ramai dikunjungi pada akhir pekan.


Alamat: Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purawakarta, Jawa Barat.


Baca Juga: Mau Naik Kereta Cepat? Ke 10 Wisata Bandung Ini aja, Masuknya Gratis!


5. Desa Sajuta Batu


Desa Sajuta Batu memukau dengan keaslian batu alamnya. Selain menawarkan pemandangan alam yang asri, desa ini juga memiliki berbagai objek menarik seperti cagar budaya, arena rock climbing, memancing, berkemah, flying fox, pendakian gunung, dan olahraga offroad.


Alamat: Cipeundeuy, Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.


6. Curug Tilu


Curug Tilu masih menjadi destinasi yang belum begitu dikenal, namun hal tersebut justru menjadi daya tariknya. Dengan suasana alam yang masih asli dan air curug yang hijau, tempat ini cocok untuk menikmati kedamaian alam. Dengan tiket masuk seharga Rp5.000, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang mirip dengan Grand Canyon di Pangandaran.


Alamat: Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.


7. Curug Cipurut


Curug Cipurut terletak di Gunung Burangrang dan masih jarang dikunjungi. Lokasi ini sengaja dijaga agar tetap alami dengan minimnya fasilitas. Pengunjung harus melewati perkampungan warga dan perkebunan teh sekitar 20 menit untuk mencapai curug ini. Dengan tiga tingkatan curug, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dan suasana yang tenang.


Alamat: Kampung Cileungsing, Desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.


8. Gunung Lembu


Gunung Lembu menawarkan pemandangan indah yang memukau. Meskipun rute pendakiannya cukup menantang, sampai di puncak akan langsung membuat Anda melupakan kelelahan. Disarankan untuk mendaki saat sore hari atau malam agar dapat menikmati senja matahari terbenam dan lampu kota Purwakarta.


Alamat: Kampung Panunggal, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.


9. Taman Air Mancur Sri Baduga


Taman Air Mancur Sri Baduga menjadi tempat yang tepat untuk menghabiskan malam di Purwakarta. Dengan air mancur yang menari-nari diiringi lampu warna-warni, tempat ini menciptakan suasana yang indah dan berwarna. Cocok untuk dihabiskan bersama keluarga atau sahabat.


Alamat: Situ Buleud, Negeri Kidul, Purwakarta, Jawa Barat.


10. Waduk Jatiluhur


Waduk Jatiluhur, waduk terbesar di Indonesia, menjadi destinasi yang wajib dikunjungi di Purwakarta. Dengan air yang tenang dan pepohonan yang rindang, tempat ini cocok untuk berolahraga atau sekadar bersantai. Terdapat beberapa spot foto menarik seperti rumah pohon, balkon, ujung perahu, dan tangga berputar.


Alamat: Jalan Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.


© Copyright 2022 - Udang - Udang | Forum Berita Update Terkini