Breaking News

Calvin Verdonk: Calon Naturalisasi Berbakat Berdarah Aceh

 


Udang Udang - Calvin Verdonk, seorang pemain sepak bola yang mengemuka dari klub Eredivisie Liga Belanda, NEC Nijmegen, telah menjadi topik hangat di media sosial belakangan ini. Meskipun lahir dan dibesarkan di Belanda, Verdonk memiliki darah keturunan Indonesia yang kental. Ia menonjol sebagai seorang bek kiri yang juga mampu bermain sebagai bek tengah dan gelandang bertahan.

Dalam sebuah wawancara dengan Yussa Nugraha yang diunggah ke YouTube pada Minggu (31/3/2024), Calvin Verdonk mengungkapkan bahwa saat ini ia sedang menjalani proses naturalisasi untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Lantas, siapa sebenarnya Calvin Verdonk? Simak profil lengkapnya di bawah ini.

1. Calvin Verdonk: Lahir dari Darah Indonesia

Calvin Verdonk lahir di Dordrecht, Belanda, pada 26 April 1997. Darah Indonesia mengalir dalam dirinya melalui sang ayah yang berasal dari Meulaboh, Aceh. Bahkan, kakek dan nenek dari pihak ayahnya juga berasal dari kota yang dijuluki Serambi Mekkah ini. Dengan tinggi 174 cm, Verdonk telah mengunjungi Indonesia, meskipun hanya untuk liburan di Bali. Ia menggambarkan pengalamannya di sana sebagai sangat menyenangkan, terutama dalam hal keramahan orang-orang setempat dan kelezatan makanan.

Calvin Verdonk mulai menekuni sepak bola sejak berusia 7 tahun. Perjalanan awalnya dimulai di klub asal kota kelahirannya, SC Amstelwijck dan VV Wieldrecht. Kemudian, ia melanjutkan kariernya dengan bergabung di akademi Feyenoord.

2. Perjalanan Karier di Liga Belanda

Calvin Verdonk adalah produk dari akademi Feyenoord yang mulai meniti karier sepak bolanya dari level Youth, U-17, hingga U-19. Pada tahun 2015, Verdonk dipanggil untuk bermain di tim senior Feyenoord. Namun, selama kariernya di Feyenoord, ia lebih sering dipinjamkan ke klub-klub lain. Pada tahun 2016, Verdonk dipinjamkan ke klub Liga Belanda lainnya, PEC Zwolle, selama satu musim. Setelah kembali ke Feyenoord, ia kembali dipinjamkan, kali ini ke NEC Nijmegen selama satu musim pada tahun 2017. Kemudian, musim berikutnya, Verdonk dipinjamkan ke Twente FC setelah kembali dari NEC Nijmegen. Pada tahun 2020, Calvin Verdonk resmi meninggalkan Feyenoord dengan status bebas transfer menuju klub Liga Portugal, Famalicao. Namun, setelah satu musim di Portugal, ia kembali dipinjamkan ke NEC Nijmegen pada tahun 2021. Merasa lebih cocok dengan sepak bola Belanda, Verdonk akhirnya resmi bergabung secara permanen dengan NEC Nijmegen setelah masa pinjamannya berakhir pada Juli 2022 hingga saat ini.

3. Fleksibilitas Posisi di Lapangan

Calvin Verdonk biasanya bermain sebagai bek kiri dalam skuad. Namun, ia juga mampu berperan sebagai bek tengah atau gelandang bertahan. Kehadirannya tentu bisa memperkuat posisi kiri timnas Indonesia, yang biasanya diisi oleh Arhan Pratama, Nathan Tjoe-A-On, Shayne Pattynama, atau Edo Febriansah. Verdonk juga dikenal memiliki spesialisasi dalam tendangan bebas yang dapat diandalkan. Sebagai seorang bek, ia memiliki naluri untuk mencetak gol yang cukup baik. Total, Calvin Verdonk telah mengemas 13 gol dan 14 assist dari 257 penampilan selama kariernya di klub profesional. Di tingkat internasional, Calvin Verdonk telah bermain untuk timnas Belanda di semua level usia, mulai dari U-15 hingga U-21. Secara total, ia telah mengoleksi 50 caps dan 4 gol.

4. Permintaan Naturalisasi sejak 2019

Calvin Verdonk telah menjadi bagian dari daftar program naturalisasi PSSI sejak beberapa tahun lalu. Pada tahun 2019, namanya mulai diperbincangkan setelah menjadi bintang muda yang bermain untuk klub besar Belanda, Feyenoord. Saat itu, banyak warganet di media sosial yang mendesak Verdonk untuk segera menjadi WNI dan membela timnas Indonesia.

5. Proses Naturalisasi Menjadi WNI

Dalam wawancara video di kanal YouTube Yussa Nugraha yang diunggah pada Minggu (31/3/2024), Calvin Verdonk mengungkapkan tentang proses naturalisasinya menjadi WNI. Verdonk menyatakan bahwa ia telah lama memikirkan untuk menjadi WNI. "Itu adalah sesuatu yang telah lama saya pertimbangkan. Dan sejujurnya, kami saat ini sedang dalam proses. Jadi kami sedang menunggu bagaimana jalannya proses ini. Setelah semuanya selesai, kami akan melihat kapan saya bisa bermain untuk timnas Indonesia. Saat ini, kami masih dalam proses," ujar Verdonk. Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, juga sudah bertemu dan menyaksikan langsung penampilan Calvin Verdonk di NEC Nijmegen. Shin Tae-yong bahkan sempat berfoto bersama Verdonk setelah NEC Nijmegen meraih kemenangan 2-0 atas Heerenveen pada Minggu (10/3/2024).

Baca Juga :  Komisi X Setujui Naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven

Dengan latar belakang karier yang kaya dan potensi yang dimiliki, Calvin Verdonk adalah salah satu pemain yang menjadi sorotan dalam proses naturalisasi menjadi WNI. Dengan darah Aceh yang mengalir dalam dirinya, Verdonk mungkin akan menjadi kebanggaan bagi timnas Indonesia di masa depan. Cari tahu juga informasi menarik dan terupdate lainnya di Portal Malam

© Copyright 2022 - Udang - Udang | Forum Berita Update Terkini