Breaking News

Boikot! Ini 10 Produk Israel Yang Paling Laris Di Indonesia

Udang Udang - Munculnya gerakan boikot produk Israel di Indonesia menjadi sorotan, dipicu oleh eskalasi konflik antara Israel dan Palestina. Inisiatif ini berasal dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk Majelis Ulama Indonesia (MUI), yang mengeluarkan fatwa melarang umat Islam membeli produk yang terhubung dengan Israel.

Dukungan terhadap gerakan boikot ini merambah ke berbagai sektor, melibatkan pengusaha dan konsumen. Beberapa perusahaan Indonesia yang memiliki keterkaitan dengan Israel, seperti Pizza Hut, Starbucks, dan Coca-Cola, melaporkan penurunan signifikan dalam penjualan mereka.

Namun, gerakan boikot ini tidak diterima oleh sebagian pihak, termasuk Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo). Apindo menilai bahwa boikot bersifat diskriminatif dan berpotensi merugikan pengusaha Indonesia yang tidak terlibat dalam urusan Israel.

Berikut adalah daftar sepuluh produk asal Israel yang memiliki popularitas tinggi di pasar Indonesia. Perlu dicatat bahwa beberapa merek ini mungkin kurang dikenal oleh banyak orang di Indonesia, mengingat dampak politik dan dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina, serta sikap tegasnya mengecam tindakan agresi Israel terhadap rakyat Palestina.

Vodka Perfect

Salah satu merek vodka internasional yang cukup terkenal adalah Vodka Perfect. Diproduksi oleh Renaissance-Perfect, perusahaan Israel yang mengoperasikan fasilitas manufaktur di Israel dan Rumania. Meskipun terkenal di seluruh dunia, beberapa produk Vodka Perfect juga dijual di Indonesia.

HP (Hewlett-Packard)

Meskipun Hewlett-Packard (HP) bukan perusahaan asal Israel, BDS Movement mencatat bahwa beberapa perusahaan merek HP menyediakan teknologi yang digunakan oleh Israel dalam menjaga sistem apartheid, pendudukan, dan kolonialisme pemukiman di atas rakyat Palestina.

Ahava

Ahava merupakan merek produk kecantikan yang dijual di berbagai negara. BDS Movement mencatat bahwa Ahava Cosmetics memiliki situs produksi, pusat kunjungan, dan toko utama di pemukiman Israel ilegal.

Taf Toys

Taf Toys merupakan merek perlengkapan bayi yang cukup populer di Indonesia. Mereka memproduksi berbagai produk seperti gendongan bayi, sabuk pengaman bayi, kereta bayi, dan mainan berbentuk mobil-mobilan untuk bayi.

Jeruk Shantang

Jeruk Shantang adalah salah satu jenis jeruk impor langsung dari Israel yang masuk ke Indonesia sejak tahun 2012. Nilai perdagangan jeruk tersebut mencapai US$709, menunjukkan bahwa produk ini memiliki pangsa pasar yang cukup signifikan.

Rummikub

Rummikub adalah permainan anak-anak yang populer di Indonesia. Jenis board game ini mirip dengan mahjong dan dimainkan dengan 104 kartu bertuliskan angka 1 hingga 13 dengan empat jenis warna.

Tiny Love

Tiny Love merupakan merek perlengkapan bayi dengan kantor pusat di Tel Aviv-Jaffa, Israel. Meskipun harganya cukup mahal, Tiny Love memiliki pangsa pasar kelas menengah ke atas di Indonesia.

Edushape

Edushape adalah alat permainan untuk melatih kecerdasan anak-anak. Meskipun kantor pusat penjualan berada di Rosh Ha'ayin, Israel, produk ini diproduksi di China.

SodaStream

SodaStream adalah mesin dan silinder yang dapat diisi ulang, memungkinkan pengguna untuk membuat soda atau minuman berkarbonasi sendiri di rumah. Meskipun populer, SodaStream menjadi korban boikot karena dianggap turut serta dalam kebijakan Israel yang menggusur warga asli Palestina suku Bedouin di Naqab.

Hilite

Hilite merupakan produk alat musik seperti gitar, tamborin, drum, dan instrumen lainnya, yang berasal dari Israel. Meskipun negara asalnya terlibat dalam kontroversi politik, produk musik ini membuktikan bahwa bahasa musik adalah bahasa universal yang dapat menghubungkan budaya di seluruh dunia.

Baca juga artikel: Bukan Indonesia! Ternyata Ini Negara Dengan Ekonomi Syariah Nomor 1 Di Dunia 2023

Meskipun produk-produk ini cukup populer di Indonesia, penting untuk diingat bahwa keputusan untuk membeli atau menggunakan produk dari Israel dapat memicu respons yang beragam, terutama mengingat dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina. Keputusan konsumen dapat memainkan peran penting dalam mendukung nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang dipegang oleh masyarakat Indonesia.

© Copyright 2022 - Udang - Udang | Forum Berita Update Terkini