Breaking News

5 Fungsi Jamu Beras Kencur untuk Kesehatan Tubuh Kita

 


Fungsi Jamu Beras Kencur untuk Kesehatan Tubuh Kita

Udang udang - Jamu beras kencur adalah minuman herbal yang terbuat dari beras yang telah direbus dan dicampur dengan bahan-bahan herbal, seperti kencur, jahe, dan gula merah. Jamu beras kencur telah lama digunakan oleh nenek moyang kita sebagai obat alami yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini adalah 5 fungsi jamu beras kencur untuk kesehatan tubuh kita.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jamu beras kencur mengandung banyak senyawa aktif yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Senyawa aktif tersebut antara lain gingerol, shogaol, dan kurkumin. Senyawa tersebut memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh kita dalam melawan penyakit.

2. Membantu Menjaga Kesehatan Lambung

Kencur adalah bahan herbal yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan lambung. Senyawa etil asetat yang terkandung dalam kencur dapat membantu mengurangi produksi asam lambung yang berlebihan. Hal ini dapat membantu menghindari terjadinya masalah pencernaan seperti asam lambung naik, maag, dan tukak lambung.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Jamu beras kencur juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur kita. Kandungan zat antidepresan yang terdapat di dalamnya dapat membantu merelaksasi tubuh dan pikiran. Selain itu, kandungan magnesium dan vitamin B kompleks dalam beras juga dapat membantu menenangkan sistem saraf.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kombinasi antara beras, kencur, dan jahe dalam jamu beras kencur dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh kita. Kandungan kalsium, besi, dan fosfor dalam beras bisa membantu meningkatkan kekuatan tulang dan gigi. Sedangkan kandungan vitamin C dalam jahe dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

5. Menghilangkan Rasa Sakit pada Sendi

Jamu beras kencur juga dipercaya bisa membantu menghilangkan rasa sakit pada sendi. Kandungan antiinflamasi dalam kencur dan jahe dapat membantu meredakan peradangan pada sendi yang menyebabkan rasa sakit.

Jangan lupa juga artikel kami menarik lainnya yaitu : 7 Jamu Herbal Tradisional yang Dapat Membuat Tubuh Menjadi Sehat & Bugar

Benefit Tambahan Lainnya dari Mengonsumsi Jamu Beras Kencur

Berikut adalah beberapa benefit tambahan lainnya dari mengonsumsi jamu beras kencur:
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Membantu mengatasi sakit kepala
  • Menjaga kesehatan reproduksi
  • Membantu melawan infeksi saluran kemih

Dan berikut ini adalah beberapa cara membuat jamu beras kencur yang mudah yang dapat kita coba di rumah:

  1. Pertama-tama, rebus beras selama kurang lebih 10 menit, kemudian tiriskan.
  2. Siapkan jahe dan kencur, dan iris tipis-tipis.
  3. Rebus air bersama jahe dan kencur, dan tambahkan gula merah sebagai pemanis.
  4. Setelah air mendidih, tambahkan beras dan aduk rata.
  5. Biarkan campuran meresap selama 15 menit.
  6. Tambahkan air jeruk nipis jika ingin menambahkan sedikit rasa asam pada jamu.

Itulah 5 fungsi jamu beras kencur untuk kesehatan dan beberapa cara membuat jamu beras kencur yang bisa kita coba. Kita dapat menikmatinya sebagai minuman harian, tapi ingatlah bahwa penggunaan jamu harus dibarengi dengan gaya hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang seimbang. Kita bisa mendapatkan manfaat optimal dari jamu beras kencur serta mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. 

Demikian artikel ini kami buat dengan sepenuh hati jika ada salah kata ataupun salah penyampain kami minta maaf sebesar besarnya dan terima kasih atas waktunya untuk membaca artikel kami.
© Copyright 2022 - Udang - Udang | Forum Berita Update Terkini